Menyusun suatu Business Plan yang baik

   


Sebelum menjalankan sebuah usaha, kita perlu menyiapkan strategi atau rencana untuk menjangkau pangsa pasar. Hal tersebut biasa dikenal dengan istilah Business Plan atau Rencana Bisnis. Menyusun sebuah rencana bisnis akan memudahkan kita dalam melakukan implementasi terhadap ide usaha yang akan dijalankan. Rencana Bisnis atau Business Plan adalah suatu dokumen tertulis yang memerinci seluk beluk usaha atau bisnis.

Sebuah bisnis tidak bisa hanya mengandalkan dengan pengetahuan atau pemikiran yang terlukis di otak kita, namun harus dituangkan dalam bentuk dokumen tertulis mengenai hal yang akan dikerjakan, bagaimana cara menjalankannya, siapa yang akan menjalankannya dan untuk apa kita menjalankan usaha tersebut seluruh pemikiran itu akan tertuang di dalam rencana bisnis. Sehingga, bisa dikatakan bahwa rencana bisnis adalah peta jalan bisnis yang mencakup informasi kondisi saat ini dan juga apa yang kita harapkan dimasa yang akan datang.

Selain Rencana Bisnis (Business Plan) ada juga yang disebut dengan Perencanaan Bisnis (Business Planning). Kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang cukup terlihat jelas, perbedaan ini terlihat dari sisi waktu, kompleksitas, struktur dan jangka waktunya. Perencanaan Bisnis adalah suatu cara untuk mengembangkan usaha yang sudah dijalankan agar menjadi lebih baik lagi, dan tentu saja hal ini berbeda dengan Rencana Bisnis.

Bila kita lihat dari sisi waktunya, Rencana Bisnis melakukan pembentukan organisasi baru (organisasi, produk ataupun jasa) karena termasuk usaha baru sedangkan Perencanaan Bisnis melakukan pengembangan organisasi karena perluasan pasar, pengembangan produk yang sudah ada ataupun pengembangan jasa yang sudah dimiliki. Kalau dilihat dari sisi kompleksitas, Rencana Bisnis tergolong sederhana sedangkan Perencanaan Bisnis terlihat sangat kompleks dan holistik karena dibutuhkan analisis yang lebih jauh, misalnya ingin membuka cabang usaha baru di lokasi tertentu maka jangan akhirnya membebani usaha induknya

Bila dilihat dari sisi struktur, Rencana Bisnis lebih berfokus pada tiga hal yaitu : ide bisnis, pemasaran dan keuangan serta pengelolaan sumber daya manusia dan manajemen sedangkan Perencanaan Bisnis bersifat menyeluruh, mencakup pengembangan semua struktur dan fungsi organisasi hal ini dikarenakan usahanya sudah berjalan. Dan yang terakhir bila dilihat dari sisi jangka, Rencana Bisnis memiliki perencanaan jangka pendek (3-7 tahun) sedangkan Perencanaan Bisnis memiliki strategis jangka panjang (>10 tahun).

Berdasarkan data statistik mengatakan bahwa dari 10 jenis usaha yang dijalankan, hanya satu usaha saja yang berhasil dan bertahan dalam kurun waktu tiga tahun. Kegagalan yang dialami oleh bisnis yang baru dirintis satunya adalah mereka tidak memiliki rencana bisnis yang baik. Karena bila kita memiliki rencana bisnis yang baik maka paling tidak kita sudah melakukan antisipasi terhadap resiko yang akan terjadi dari bisnis yang akan dijalankan.

Rencana bisnis sendiri bisa menjadi langkah awal bagi seorang wirausaha dalam memulai karirnya, wirausaha itu adalah seorang yang mampu menciptakan sesuatu yang baru bernilai memberikan nilai tambah kepada masyarakat dengan memanfaatkan peluang yang ada sehingga dia bisa mendapatkan keuntungan.

Lalu, bagaimana menyusun rencana bisnis yang baik, terdapat beberapa unsur-unsur yang harus dipenuhi, seperti : singkat dan padat, terorganisir rapi dengan penampilan menarik, rencana yang menjanjikan, hindari melebih-lebihkan, kemukakan resiko-resiko bisnis yang spesifik, tim terpercaya dan efektif, fokus, target pasarnya jelas, realistis dan spesifik.

Selain itu juga ada hal mendasar yang harus kita pahami dengan baik, yaitu : Awali dengan ide bisnis maka carilah ide-ide yang memang memiliki peluang menghasilkan keuntungan, ide bisnis sebagai jawaban, anda adalah orang yang tepat, cara menghasilkan keuntungan, siapa pembeli produk anda dan dana untuk memulai bisnis.

Dalam suatu rencana bisnis juga terdapat komponen utama, yaitu : Konsep bisnisnya (gambaran tentang bidang industry, struktur bisnis, supply and demand), Pasar/market (konsumen potensial, alasan pembelian kondisi persaingan dan posisi dalam persaingan), Rencana keuangan (estimasi pendapatan, analisis BEP dan cash flow) dan Manajemen dan organisasi  (mengelola sumberdaya yang ada, struktur organisasi, uraian tugas)

Untuk menyusun rencana bisnis yang baik juga diperlukan sistematikanya tersendiri, yaitu sebagai berikut :

1.      Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif dapat dikatakan sama dengan abstrak, hal ini dikarenakan pembaca tidak punya cukup waktu untuk membaca seluruh isi dokumen sehingga pembaca pasti hanya akan membaca ringkasan eksekutif. Jadi, sebenarnya ringkasan eksekutif dapat menjadi ukuran awal untuk menarik minat pembaca untuk membaca lebih jauh isi dari dokumen rencana bisnis yang dibuat. Ringkasan eksekutif juga bisa diibaratkan sebagai semacam alat promosi untuk pembaca mau mereka baca lebih lanjut seluruh isi dokumen dan biasanya ringkasan eksekutif tertinggi ada di awal. Ringkasan eksekutif sendiri baru bisa dibuat jika dokumen atau konten keseluruhan dari rencana bisnis itu sudah selesai. Dalam ringkasan eksekutif dijelaskan secara singkat mengenai :

a)      Konsep Bisnis

b)      Misi Perusahaan

c)      Produk/ Jasa

d)      Persaingan

e)      Target Dan Ukuran Pasar

f)       Strategi Pemasaran

g)      Tim Manajemen

 

2.      Deskripsi Bisnis

Merupakan gambaran suatu perusahaan yang mencakup hal hal berikut :

a)      Identitas Perusahaan : nama, lokasi, badan hukum biasanya ini berbentuk PT atau firma

b)      Visi Dan Misi Perusahaan

c)      Gambaran Sekilas Tentang Produk Dan Jasa Yang Akan Dikembangkan

d)      Perkembangan Sampai Saat Ini

e)      Status Hukum Dan Kepemilikan

 

3.      Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sendiri mencakup hal hal sebagai berikut :

a)      Tren Dan Pertumbuhan Industri

b)      Gambaran Pasar

c)      Ukuran Dan Tren Pasar

d)      Peluang Strategis

e)      Target Pasar

f)       Karakteristik Pasar

Dalam mencari ide usaha, usahakan untuk mencari jenis usaha yang jumlah permintaannya lebih banyak daripada jumlah penawarannya karena bisa menghasilkan keuntungan serta melakukan riset pasar untuk menentukan ceruk pasar sebelum menyusun dokumen perencanaan.

4.      Analisis Persaingan

Analisis persaingan didalamnya mencakup hal hal berikut ini :

a)      Tingkat Pesaing

b)      Posisi Dalam Persaingan  Kira-Kira Pangsa Pasar Kita

c)      Distribusi Pangsa Pasar

d)      Kelebihan Dibandingkan Pesaing

Suatu bisnis dapat dikatakan berhasil adalah suatu bisnis yang menjual sesuatu produk barang atau jasa yang sifatnya unik.

5.      Rencana Desain Dan Pengembangan

Rencana desain dan pengembangan mencakup hal hal sebagai berikut :

a)      Tujuan Usaha Jangka Panjang

b)      Strategi

c)      Sasaran-Sasaran Dan Jadwal Pencapaian

d)      Evaluasi Resiko

e)      Strategi ketika misalkan perusahaan sudah tidak bisa mampu lagi bersaing atau Exit Plan

 

6.      Rencana Operasi Dan Manajemen

Rencana operasi dan manajemen  tergantung pada tingkat kompleksitas dari bisnis dijalankan, jika sederhana maka tidak perlu seluruhnya, yang mencakup hal hal sebagai berikut :

a)      Fasilitas

b)      Proses Produksi

c)      Pengendalian Persediaan       

d)      Pasokan Dan Distribusi

e)      Product Development

f)       Kontrol Keuangan

g)      Tim Manajemen

h)      Konsultan

 

7.      Analisis Rencana Keuangan

Analisis rencana keuangan sangat dibutuhkan karena target pembaca rencana bisnis kita adalah investor atau mitra kerja atau lembaga keuangan yang nantinya kita memerlukan mereka untuk menyuplai dana sebagai tambahan modal dalam menjalankan usaha, didalamnya mencakup hal hal sebagai berikut :

a)      Proyeksi Pendapatan

b)      Proyeksi Aliran Kas

c)      Neraca

d)      Sumber Modal Dan Kegunaan

e)      Asumsi Yang Digunakan

f)       Analisis Break Even Point/BEP, Payback Period, Internal Recruitment/IRR, Net Present Value/NPV

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun rencana bisnis adalah lampiran. Didalamnya dapat memuat hal hal sebagai berikut :

a)      Kontrak

b)      Rekomendasi, dari Mitra Yang Pernah Bekerjasama

c)      Foto-Foto : Lokasi Dan Produk Atau Desain Brosur Untuk Promosi

d)      Rincian Keuangan : Cash Flow, Neraca. Proyeksi Pendapatan

e)      Resume :  Pengelola Atau Pendiri Usaha Itu Bisa Dijadikan Sebagai Lampiran Dari Rencana Bisnis

Yang terakhir, dalam suatu Rencana Bisnis yang Baik harus mengandung hal hal berikut :

a)      Penampilan Rapi Dan Menarik

b)      Panjang Halaman 10-20 Halaman

c)      Halaman Muka Dan Judul

d)      Ringkasan

e)      Daftar Isi

 

Komentar